Loading...
Indo Barometer
Survei
Indo Barometer
Barometer Perilaku Masyarakat Indonesia
Laporan Survei Nasional Indo Barometer Bekerjasama dengan LPP-UI "Indeks Kepemimpinan Nasional dan Dinamika Capres - Cawapres 2014"

Rabu 12 Maret 2014
Download File


Pada November 2013 lalu, Laboratorium Psikologi Politik UI (LPP UI) mengadakan riset tentang dimensi atau indeks kepemimpinan nasional yang diperlukan bagi pemimpin nasional Indonesia ke depan. LPP UI merumuskan 9 dimensi/indeks/indikator sebagai berikut: 1) Visioner; 2) Leadership (Kepemimpinan); 3) Intelektualitas; 4) Ketrampilan Politik; 5) Komunikasi Politik; 6) Stabilitas Emosi; 7) Kemampuan Manajerial; 8) Penampilan; dan 9) Integritas Moral. Riset LPP UI itu “mengujikan” kesembilan indikator di atas pada 12 nama tokoh “pemimpin alternatif”. Penilaian dilakukan oleh 61 responden berstatus pakar/opinion maker. Adapun ke-12 nama tokoh yang diriset sebagai berikut: 1) Ahmad Heryawan; 2) Abraham Samad; 3) Anies Baswedan; 4) Basuki Tjahja Purnama, 5) Chairul Tanjung; 6) Eko Prasojo; 7) Emirsyah Satar; 8) Ignatius Jonan; 9) M. Chatib Basri; 10) Nurdin Abdullah; 11) Tri Mumpuni; dan 12) Tri Rismaharini.

Pada Februari 2014, LPP UI bekerjasama dengan Indo Barometer menyelenggarakan survei untuk mendapatkan indeks kepemimpinan dengan responden publik Indonesia. Indikator yang dipakai adalah 9 indikator pada riset November 2014, ditambah 1 indikator baru, yakni “Ketegasan”. Total ada 10 indikator yang dipakai dalam riset Feb 2014 ini. Riset ini dimaksudkan untuk mendapatkan pandangan publik (orang biasa) tentang indeks kepemimpinan nasional. Pandangan pakar/opinion maker adalah penting dan menarik tapi pandangan publik-lah yang paling menentukan dalam konteks pemilihan langsung seperti pilpres 2014. Riset ini menilai 12 tokoh, namun fokus pada orang-orang yang diwacanakan sebagai capres-cawapres pada pilpres 2014. Selain dipertimbangkan pula latar belakang sektor masing-masing (partai besar, menteri, kepala daerah, tokoh ormas besar). Mereka adalah sbb: 1) Aburizal Bakrie; 2) Din Syamsuddin; 3) Hatta Rajasa; 4) Joko Widodo; 5) Khofifah Indar Parawansa; 6) Megawati Soekarnoputri); 7) Muhaimin Iskandar; 8) Prabowo Subianto; 9) Said Aqil Siradj; 10) Soekarwo; 11) Suryadharma Ali; 12) Tri Rismaharini.

Ke 10 pertanyaan dimensi Indeks Kepemimpinan sebagai berikut (Pertanyaan hanya diajukan pada responden yang mengenal nama tokoh yang ditanyakan) : 1) Visioner; 2) Kepemimpinan 3) Intelektualitas 4) Ketrampilan Politik; 5)Komunikasi Politik; 6) Stabilitas Emosi; 7) Ketegasan 8) Penampilan 9) Integritas Moral 10)Empati Sosial.

Pada survei Februari 2014 ini juga ingin dilihat peta pilihan masyarakat terhadap para calon presiden, calon wakil presiden dan kemungkinan pasangan capres-cawapres. Ada beberapa macam simulasi capres: Pertama, terbuka (nama calon tidak dibacakan). Kedua, 13 nama calon  dimana semua tokoh partai dimasukkan + Jokowi. Ketiga, 12 nama tokoh partai. Keempat, 4 nama capres. Kelima, 3 nama capres. Juga ada simulasi khusus untuk capres konvensi Demokrat dan capres partai berbasis massa Islam. Ada beberapa simulasi cawapres: Pertama, terbuka (nama calon tidak dibacakan). Kedua, 15 nama calon. Ketiga, 14 nama calon (minus Joko Widodo). Dan 5 nama khusus cawapres partai Islam. Ada sejumlah simulasi pasangan capres-cawapres yang pada pokoknya terdiri dari 2 situasi. Pertama, empat pasang calon. Kedua, tiga pasang calon. Untuk masing-masing situasi, ada dua versi nama capres dari PDIP yang diuji yakni Megawati Soekarnoputri dan Joko Widodo, mengingat belum ada kepastian siapa dari keduanya yang akan maju mewakili PDIP

z