Loading...
Indo Barometer
Survei
Indo Barometer
Barometer Perilaku Masyarakat Indonesia
Survei Nasional "Political Outlook 2014: Efek Jokowi dan Kinerja Parpol 3 Bulan Sebelum Pileg 2014"

Kamis 09 Januari 2014
Download File


Survei partai politik ini berbeda dengan survei-survei Indo Barometer sebelumnya. Survei ini menggunakan desain eksperimental yang ingin menguji pengaruh pencalonan Jokowi sebagai presiden terhadap elektabilitas partai, tidak hanya PDIP tapi juga partai lain. Partai yang diuji adalah PDIP dan PAN. Asumsi pengujian terhadap PDIP: 1) Asumsi Jokowi merupakan kader PDIP, sehingga paling mungkin dicalonkan melalui PDIP, 2) Sudah muncul wacana PDIP mencalonkan Jokowi. Sedangkan asumsi pengujian terhadap PAN: 1) Ada kemungkinan Jokowi tidak dicalonkan oleh PDIP dan karena itu ada kemungkinan partai lain yang berinisiatif mencalonkannya, 2) Partai lain yang mewacanakan Jokowi sebagai calon presiden adalah PAN. Meski ini bukan keputusan resmi namun muncul wacana Jokowi-Hatta di media massa beberapa waktu lalu.
  1. Seandainya pemilihan umum legislatif (DPR RI) dilaksanakan pada hari ini dan seandainya surat suara yang akan dipakai adalah sebagai berikut ini. Silahkan Bapak/Ibu/Saudara tentukan pilihan? (Kelompok Kontrol/Non Treatment)
  2. Seandainya Joko Widodo (Jokowi) dicalonkan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai presiden, dan pemilihan umum legislatif (DPR RI) dilaksanakan pada hari ini, dan seandainya surat suara yang akan dipakai adalah sebagai berikut ini. Silahkan Bapak/Ibu/Saudara tentukan pilihan? (Kelompok Treatment 1)
  3. Seandainya Joko Widodo (Jokowi) tidak dicalonkan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai presiden, dan pemilihan umum legislatif (DPR RI) dilaksanakan pada hari ini, dan seandainya surat suara yang akan dipakai adalah sebagai berikut ini. Silahkan Bapak/Ibu/Saudara tentukan pilihan? (Kelompok Treatment 2)
  4. Seandainya Joko Widodo (Jokowi) dicalonkan oleh Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai presiden, dan pemilihan umum legislatif (DPR RI) dilaksanakan pada hari ini, dan seandainya surat suara yang akan dipakai adalah sebagai berikut ini. Silahkan Bapak/Ibu/Saudara tentukan pilihan? (Kelompok Treatment 3)
  5. Seandainya Joko Widodo (Jokowi) tidak dicalonkan oleh Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai presiden, dan pemilihan umum legislatif (DPR RI) dilaksanakan pada hari ini, dan seandainya surat suara yang akan dipakai adalah sebagai berikut ini. Silahkan Bapak/Ibu/Saudara tentukan pilihan? (Kelompok Treatment 4)
Dalam pelaksanaan survei dirancang 5 kelompok responden yang terdiri 1 kelompok kontrol/non treatment dan 4 kelompok treatment. Dengan responden 1200 orang maka masing-masing kelompok terdiri dari 240 responden yang dipilih secara acak. Kartu bantu yang digunakan adalah simulasi surat suara DPR RI yang memuat gambar partai politik dan nama-nama caleg. 5 pertanyaan dalam survei ini adalah sebagai berikut:

Untuk analisis efek Jokowi terhadap elektabilitas partai, digunakan uji Chi-Square karena data yang dianalisis bersifat nominal (lihat Sidney Siegel and John Castellan Jr., Nonparametric Statistics for The Behavioral Sciences, 1988; Paul Gingrich, Introductory Statistics for Social Sciences, 1993; Sugiono, Statistik untuk Penelitian, 2007 edisi 10). Untuk menarik kesimpulan dalam uji Chi-Square menggunakan nilai uji statistik p-value. Dalam uji ini, nilai p-value dibandingkan dengan nilai alpha, misalnya: alpha 1% (0.01), 5% (0.05), atau 10% (0.1). Dalam uji ini, nilai alpha yang dipakai adalah 5% (0.05).
z