Loading...
Indo Barometer
Liputan Media
Indo Barometer
Barometer Perilaku Masyarakat Indonesia
PRESS RELEASE HASIL QUICK COUNT INDO BAROMETER PEMILUKADA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Selasa 10 September 2013


Dengan kemenangan ini, Awang Faroek yang merupakan gubernur incumbent akan kembali menjabat sebagai gubernur untuk periode selanjutnya.

Berikut perolehan suara pasangan calon:

No Urut

Pasangan

Persentase

1

Awang Faroek Ishak - Mukmin Faisal

44,88%

2

Farid Wadjdy - Aji Sofyan Alex

21,12%

3

Imdaad Hamid - Ipong Muchlissoni

33,99%

Kemenangan Awang Faroek Mukmin Faisal yang didukung oleh Partai Golkar, Partai Demokrat, Hanura, dan PKS terhadap Farid Wadjdy Aji Sofyan Alex yang didukung oleh PDI Perjuangan dan PPP menunjukkan konfigurasi kekuatan partai politik di Provinsi Kalimantan Timur yang ada saat ini. Calon yang diusung oleh PDI Perjuangan dan PPP kalah telak dibandingkan calon yang didukung oleh Partai Golkar, Partai Demokrat, Hanura, dan PKS. Mereka juga kalah dibandingkan oleh Imdaad Hamid � Ipong Muchlissoni yang maju melalui jalur independen.

Meskipun Imdaad Hamid Ipong Muchlissoni bukan merupakan pemenang dalam pemilukada, namun Imdaad Hamid Ipong Muchlissoni telah memberikan perlawanan yang berarti. Sebagai calon yang maju melalui jalur independen, perolehan suara Imdaad Hamid Ipong Muchlissoni cukup besar, di atas 30%. Umumnya, calon yang maju melalui jalur independen tidak jauh berbeda dari syarat dukungan jumlah minimal KTP yang ditetapkan oleh KPU. Faisal Basri Biem Benyamin di pemilihan gubernur DKI Jakarta hanya memperoleh suara 4,89% dan Eggy Sudjana M. Sihat di pemilihan gubernur Provinsi Jawa Timur perolehan suaranya hanya 2,44%.

Partisipasi pemilih pada pemilihan gubernur Provinsi Kalimantan Timur tidak terlalu besar. Partisipasi pemilih dalam pemilihan gubernur kali ini tidak mencapai 70%.

Berikut partisipasi pemilih pemilihan gubernur Provinsi Kalimantan Timur:

Partisipasi Pemilih

Persentase

SUARA SAH

56,61%

SUARA TIDAK SAH/RUSAK

4,27%

SUARA TIDAK   DATANG

39,12%

Partisipasi pemilih adalah jumlah total suara sah dan suara tidak sah. Angka partisipasi pemilih sebesar 60,88%, yang terdiri dari suara sah (56,61%) dan suara tidak sah (4,27%). Sedangkan suara tidak datang/tidak hadir ke TPS sebesar 39,12%.

Meskipun Awang Faroek Mukmin Faisal unggul menurut versi quick count, namun untuk menentukan pemenang pemilukada Provinsi Kalimantan Timur tetap mengacu pada keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Timur.

Quick count ini dilaksanakan di 300 TPS sebagai sampel, dari 8.802 TPS yang tersebar di 14 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur, termasuk 5 kabupaten/kota: Kabupaten Nunukan, Kabupaten Bulunga, Kabupaten Malinau, Kabupaten Tana Tidung, dan Kota Tarakan yang saat ini merupakan bagian dari Provinsi kalimatan Utara. Total pemilih yang terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT) Provinsi Kalimantan Timur sebesar 2.7913.729 pemilih yang terdaftar di DPT. Dengan sampel sebanyak 300 TPS, quick count berada pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 99% dan tingkat kesalahan (margin error) sebesar 1,5%. Quick count menggunakan metode multi stage random sampling, yaitu metode acak bertingkat dengan mengambil sampel di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur.

Jakarta, 10 September 2013

Muhammad Qodari, MA

Direktur Eksekutif

z